Monday, January 28, 2019

5 Desain Rumah Unik Sesuai Karakter yang Bisa Ditiru


Hunian yang nyaman merupakan impian banyak orang, mengingat rumah bisa jadi salah satu tempat untuk melepaskan diri dari rasa penat dan stress. Untuk itu sangat penting untuk merancang rumah yang sesuai dengan karakter dan mewakili penghuninya.

Selain sesuai karakter, membuat desain rumah hendaknya disesuaikan juga dengan kebutuhan, sehingga memberikan kenyamanan yang lebih, dimana Anda juga bisa mendapatkan ketenangan dan keamanan.

Idealnya, sebuah hunian bisa memberikan dampak yang sehat bagi penghuninya baik secara fisik maupun psikologis. Dan desain rumah unik bisa memberikan paket lengkap dari itu semua.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, selain mencari hal-hal yang bisa memenuhi atau mengakomodir kebutuhan, dalam mendesain rumah juga perlu dimasukan unsur yang mewakili Anda, agar hunian memiliki karakteristik dan keunikan sendiri, sehingga tak hanya terasa nyaman tapi juga menarik untuk dilihat dan menyenangkan untuk ditempati.

Berikut desain rumah unik yang bisa Anda coba dan sesuaikan dengan karakter Anda:

photo: pexels

1. Minimalist

Anda yang suka mengikuti tren dan suka dengan sesuatu yang simple, desain rumah unik yang bisa dicoba adalah gaya minimalis. Dalam penerapannya, konsep minimalis yang simple dan tegas, menggunakan perpaduan warna yang tidak banyak dan cenderung netral.

Furnitur pun dipilih yang seefektif mungkin dan kalau bisa yang memiliki multifungsi. Dan karena biasanya desain ini diterapkan pada ruang dengan ukuran terbatas, maka dituntut kemampuan mengatur yang baik dan juga efektif.

photo: pexels

2. Pop Art

Dari namanya, cukup jelas bahwa desain satu ini cocok diaplikasikan oleh Anda yang menyukai seni dan suka dengan tampilan yang nyentrik. Biasanya desain ini banyak diinspirasi oleh musik, iklan dan film.

Tak heran jika gaya ini masuk dalam salah satu desain rumah unik karena tampilan yang tidak biasa seperti penggunakan warna terang dan kontras, furnitur yang bernuansa retro seperti sofa warna-warni hingga pajangan berupa gambar seperti potret selebriti atau seniman idola, yang membuat desain ini jadi sangat personal.

photo: google images

3. Shabby Chic

Ini merupakan desain rumah unik untuk Anda yang memiliki sisi feminin dan suka dengan nuansa yang lembut. Gaya ini identik dengan warna pastel yang lembut dan motif bunga-bunga, serta juga ada unsur vintage dimana bisa dilihat dari penggunaan furnitur yang terlihat usang dan lusuh (shabby).

Ciri khas lainnya, desain ini terkesan ringan yang bisa dilihat dari penggunaan warna putih dan krem yang biasanya dominan, sementara warna pada furniturnya berupa matte finished. Untuk mempertegas kesan shabby, Anda bisa gunakan benda-benda bekas seperti kursi tua serta bingkai kayu tua sebagai bagian dari dekorasi.

photo : pixabay

4. Scandinavian

Desain rumah unik berikutnya adalah gaya Skandinavia yang memiliki nuansa hangat sekaligus elegan. Ciri dari desain satu ini adalah sumber pencahayaan yang maksimal, dekorasi lantai yang simple dengan penggunaan unsur seperti kayu berwarna natural.

Warna yang digunakan pun lebih didominasi oleh putih. Dan untuk membuat tampilan lebih menarik, Anda bisa coba tempatkan tanaman dalam ruangan untuk kesan natural dan fresh

photo: pexels

5. Classic

Desain rumah unik satu ini khusus bagi yang menyukai kemewahan dan kesan megah.

Gaya klasik pada desain rumah identik dengan gaya arsitektur negara di Eropa abad pertengahan. Biasanya didominasi oleh warna putih dan beige yang diberi sentuhan gold untuk menampilkan kesan mewah.

Lalu ciri khas rumah desain klasik lainnya adalah plafon yang tinggi sehingga membuat ruangan menjadi terkesan luas, ditambah bentuk tangga yang biasanya didesain melebar dan menambah kesan makin luas pada rumah.

Bahan-bahan alam yang digunakan seperti kayu biasanya diberi ukiran dengan sentuhan seni tinggi yang membuatnya terkesan eksklusif.