Wednesday, January 30, 2019

5 Inspirasi Desain Tangga Unik untuk Tampilan Rumah yang Beda

Saat ini keterbatasan lahan, membuat banyak orang ingin menambah ruang di huniannya dengan membuat lantai (tingkat) baru. Dan salah satu elemen terpenting dalam rumah bertingkat adalah kehadiran tangga. 

Seiring dengan perkembangan tren, kini kebutuhan terhadap tangga tak hanya sekedar mempertimbangkan fungsinya sebagai penghubung antarlantai, tapi banyak yang berminat untuk memiliki desain tangga unik, karena nyatanya kehadiran tangga bisa ikut memengaruhi tampilan rumah secara keseluruhan.

Berikut inspirasi desain tangga unik yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Bentuk atau model yang menarik

desain tangga unik
photo : google images

Anda bisa coba model tangga split yang dirancang selang seling yang tak hanya terasa nyaman tapi juga menghemat ruangan. Atau coba juga desain tangga unik yang menimbulkan ilusi gantung atau floating. 

Untuk yang punya anak, Anda bisa membuat desain tangga unik lengkap dengan seluncuran. Desain tangga model wedge staircase yang berbentuk segitiga juga menarik untuk dicoba, dimana Anda bisa memanfaatkan kayu reclaimed untuk model tangga yang sederhana tapi tetap menarik.

2. Unik sekaligus fungsional

desain tangga unik
photo : google images

Ini biasanya banyak diterapkan pada rumah dengan desain minimalis. Karena kehadiran tangga di sini multifungsi, tak hanya sebagai penghubung, tapi juga bagian landing-nya bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan (storage). 

Di sini Anda bisa memasang laci untuk menyimpan perkakas maupun koleksi seperti sepatu atau buku. Jadi tangga tak hanya memberi nuansa berbeda pada ruangan, tapi juga memiliki fungsi ekstra, sehingga dalam hal ini bisa dibilang desain tangga unik memberikan nilai lebih bagi rumah Anda. 

3. Material yang tidak biasa 

desain tangga unik
photo : pexels

Selain menggunakan material yang berkualitas, jenis bahan juga bisa Anda pertimbangkan untuk dapat tampilan berbeda dalam membuat desain tangga unik. 

Misalnya penggunaan bahan kaca tebal dan berbahan khusus. Desain tangga unik seperti ini cocok juga diterapkan di desain rumah minimalis, karena tampilannya yang transparan sehingga membuat rumah tetap terkesan luas.

Kalau ingin medapatkan nuansa rustic, Anda bisa pilihan material kayu, atau beton dan stainless steel untuk nuansa kontemporer. Mau gabungan keduanya, bisa juga jadi salah satu ide desain tangga unik. 

4. Berkreasi dengan railing

desain tangga unik
photo : pexels

Railing sebagai pegangan dan pembatas tangga menjadi salah satu faktor keamanan saat Anda merancang tangga. Namun selain menjadi unsur pengaman, Anda juga bisa berkreasi dengan railing untuk mendapat desain tangga unik.

Di sini railing yang dikreasikan jadi bentuk yang berbeda bahkan bisa jadi titik fokus dan daya tarik utama dalam desain tangga unik, misalnya saja penggunaan bahan transparan untuk railing yang memberikan kesan mewah pada tangga.

5. Penggunaan warna atau motif unik untuk anak tangga

desain tangga unik
photo : google images
Ini bisa dibilang jadi cara paling gampang untuk dapat desain tangga unik. Karena itu, banyak yang memilih melakukan ini untuk mendapatkan tampilan berbeda pada tangga rumah.

Anda bisa menggunakan pilihan warna cat yang berbeda pada anak tangga, misalnya warna cerah, atau perpaduan berbagai warna sehingga membentuk pola tertentu seperti pelangi yang bisa menghadirkan kesan meriah dan playful pada rumah. 

Atau kalau Anda menggunakan anak tangga berbahan ubin, carilah yang motifnya menarik sehingga tangga tetap bisa mencuri perhatian, atau bisa juga bermain dengan pola yang membuat tangga tidak terlihat membosankan.



Tapi yang tak kalah penting, meski yang jadi fokus adalah tampilan tangga yang menarik, tetap saja Anda harus mempertimbangkan faktor keamanan, kualitas material, serta penempatan (posisi) yang pas untuk mendapatkan hasil yang optimal dari desain tangga unik.